Karena hidup tidak hanya menarik nafas, tetapi juga menarik makna di balik fakta...

.

Sunday, November 14, 2010

Kenangan

Bila itu sebuah luka menganga, jangan kau tutup dengan perban karena itu akan membuat kamu semakin merasakan sakit dan berbekas. Lebih baik kamu siram dengan air dan bersihkan dengan alkohol. Luka balas luka. Sakit balas sakit. Sakit memang. Tapi mujarab!

Bila itu sebuah lubang yang besar dan gelap, jangan kamu hindari atau loncati. Akan lebih baik kalau kamu isi lubangnya. Tanah balas tanah. Kosong balas isi. Supaya lubang itu terisi dengan apa yang telah hilang. Maka penuhlah lubang itu dan tak terlihat ada tanda-tanda lubang pernah ada di situ.

Kalau itu sebuah retak memanjang, jangan kau paksa untuk kau pakai dan terus menerus kau maju di ambang kejatuhan. Bila kau tahu, itu akan jatuh lagi dan menimbulkan keretakan lebih besar, lebih baik jangan kau paksa lagi. Karena retaknya akan menjadi patah, dan patah akan menjadi kehancuran. Lebih baik kamu rawat dan jaga baik-baiklah. Karena bila tidak kau rawat, siapa lagi yang akan merawatnya? Cinta balas dengan cinta. Tapi cinta yang ini adalah cintai dirimu sendiri.


Kenangan...


Kalau kamu tidak bisa mengalahkannya, maka bertemanlah dengannya.

Bila kau terlalu capek berusaha melupakannya, kenapa kau tidak berteman dengan 'kenangan' itu.

Hadapi...

Terima kenyataan...

Nikmati...

Kalau kau terlalu capek berlari, kenapa kau tidak duduk, mengambil nafas, menikmati semua kelelahan dan keringatmu. Mungkin dengan menikmatinya, kamu tidak perlu berlari lagi.

Bila itu sakit, berilah ia sakit. Dengan begitu kamu akan kuat, kebal dan tidak sakit lagi. Cari apa yang membuat kamu sakit, hadapi, maka kamu akan terbiasa. Karena...

Kalau kamu tidak bisa mengalahkannya, maka bertemanlah dengannya.... Maka kamu tak perlu lelah memikirkan strategi, dengki, amarah. Dengan berteman, kamu akan kuat dan belajar.

Senyumlah pada 'teman'mu itu. Senyumlah untuk kenangan indah itu.
Bersyukur itu pernah ada

:)


15/11/10
Novie

1 comments:

sipiliang said...

wewww....

Post a Comment