Karena hidup tidak hanya menarik nafas, tetapi juga menarik makna di balik fakta...

.

Saturday, June 11, 2011

Annyeonghaseyo



Pernah nonton drama atau film korea? Mungkin kamu sering lihat di tv semacam full house dan meteor garden (versi taiwan sih yang ini).

Pernah bicara dengan orang korea? Kali-kali ketemu di pinggir jalan, liat doski lagi ngojek nyari kimchi ato ketemu di pantai, lagi gendong cewek mabok di punggung.

Pernah kerja ma orang korea? Ehem, nah kalo yang ini pernah, cheers dulu ah pake arak ato bir dingin :D

Lucu ga lucu, sedeng agak sableng, pinter tapi nyusahin. Benar kata pepatah 'kamu bisa memilih pekerjaan, tapi kamu tidak bisa memilih BOS!'

Alkisah di suatu pagi yang cerah, tak ada pertanda atau sign apapun, masih asyik makan bubur ayam sate ati & usus di meja sambil baca miiko via komik online. Chat sana chat sini. Ngegosip sama beberapa teman dekat. Tiba-tiba, semua lenyap menjadi hari yang rusuh.

“Novie, siapa yg pegang produk X?” ujar seorang bos korea wanita saya yang saya sering 'bangga-banggakan' sebagai kakak saya hehe (mirip-mirip dikitlah, sama-sama sipit dan punya lesung pipit).

Trus teriak saya “SAYA MISS!” spontan angkat tangan tinggi-tinggi kebiasan dulu sering nanya di kelas (serius beneran angkat tangan).

“Trus yang pegang produk Y siapa?” tanyanya lagi.

“Citra miss!” teriak saya. Sang teman yang kerasa disebut namanya malah langsung berdiri, kebetulan tuh anak angkat tangan juga nggak berasa. Kontett hehe.

“Ayo kita miting sekarang!!!”

Jebret, jebret

Ketok palu. Tok tok. Hasil miting saat itu adalah Citra kebagian shooting hari ini juga dan gue kebagian besok karena kita pake chef orang korea yg cuma bisa dua hari di Indonesia (btw, gue kerja di salah satu home shopping terkemuka ehem).

Saat itu juga ketemu chef korea bersama antek-anteknya dan chef dari indonesia. Miting bilingual pun terjadi. Ada yang berdiskusi pake bahasa Indonesia, ada yang pake bahasa Korea, ada juga yang pake bahasa mimpi alias tidur (yang ini pastinya guweii). Rundown miting hari ini adalah nentuin bahan-bahan masakan yang mau dibeli. Saya dan Citra berperan penting sebagai tim belanja. Maka kita berdua sibuk nyatet belanjaan. Schedulenya jam 10 siang miting, break lunch, belanja, jam 4 on cam.

“Jadi siapkan semua bahan untuk 3 porsi. Jaga-jaga kalau ada kesalahan. Beli ayam 3 ekor, kerang hijau 3 kilo eh jangan 5 kilo saja, ikan gurame 5 atau 6 ekor yang ukuran sedang.”

Gue sama Citra sibuk mengganguk dan mencatat. Yang lain ikut berdiskusi. Masih dengan rapat bilingual berhubung chef Korea yang jauh-jauh datang dari Korea (yaeyalah) nggak bisa bahasa indonesia dan kita-kita mangap denger bahasa korea. “Beli kompor 10, gas can 30, oven 1, gunting 5, penjepit masakan 10, tissue dapur 6 pak.” Jeglek!

“Beli ikan kakap 6, bumbu gulai 6 pak, daging sapi 3 kilo, jagung 3 bungkus, ubi 4 bungkus, kecap manis ma saus 4 botol besar dan 6 botol kecil, telur 150 biji, semua bahan garnish dibeli dikali 6 porsi”. Eeett dahhh nulisinnya ajah udah kenyang. Catattt... (Makin lama makin nyerah sama tulisan yang nggak ada rapi-rapinya)

Di sela-sela miting, gue sama Citra gantian mondar mandir keluar ruang rapat karena banyak printilan lain yang harus disiapin saat itu juga buat shooting hari ini dan besok-besoknya.

“Jadi kita beli piring display 6, beli yg satu set. Kecil, sedang, besar”
Trus langsung gue nyaut “Di atas sudah ada”. Langsung bos lokal gue ngejawab “Beli lagi jangan kayak orang susah”. Beuhhh... Lanjut dicatatt..

Tak berapa lama, bos Korea gue yang cewek mangap-mangap “Beli ituuu yahh ituuu.. (bingung nyari kata yang tepat buat deksripsiin otaknya yang abstrak sambil garuk-garuk kepala dan benturin kepala di meja) ituu...”

Ini emang tingkah wajar boss korea cewek gue (satu-satunya yang lancar berbicara bahasa Korea, Inggris dan Indonesia) maklum doski panikan.

“Tenang miss, tenang. Bahasa inggrisnya apa miss”

“Oohh ituu, beli yang namanya potatoes' (Jyahh si kentang bikin masalah).

“Nah belinya yang bulet yah, buat disebar jadi garnish”

Trus gue langsung nyahut “kalo beli kentang, beli yang utuh ato dipotong-potong siap goreng miss? Lebih enak yg udah siap digoreng.”

“Bukan kentang bulat”

“Iyah yang buat garnish kan kentang koreng”

“Tidak beli kentang rendang yang bulett kecil-kecil”

“Kentang rendang miss???' Dan akhirnya permasalahan kentang mengentang ini diperdebatkan selama kurang lebih 15 menit dan berakhir dengan beli kentang utuh untuk garnish gulai ayam (yang maksudnya dipotong kotak-kotak buat side barnya ayam di gulai itu) haissss...

Tak berapa lama, teman saya datang ke ruang miting, gantian saya izin keluar karena dipanggil keluar. Ada kerjaan lain yg musti diurus. Semua daftar menu untuk shooting dua hari sudah dibicarakan juga.

Pas udah kelar kerjaan, saya pun balik ke ruang miting. DANG!!! Meja rapat isinya udah makanan lunch box korea yang gedenya lebay dan porsinya gila-gilaan. MANA CATATAN BELANJAANNYA??

Mulai panik.

Cari di kolong-kolong meja, nanya-nanya OB, nanya orang korea dan para chef. Untung bos gue yang lokal makan siang di luar. Cari-cari di meja kantor dan meja temen. Buka-buka semua folder sama file di meja (sempet kepikiran cari di tempat sampah bahkan).

Ya tuhan masa gue seapes ini. Sampe akhirnya setengah jam dicari nggak nemu-nemu. Dua lembar catatan belanjaan yang musti dibeli hari ini hilang. Rasanya pengen pura-pura pingsan. Pelan-pelan semua anak kantor pada sadar gue ribet sendiri. Malah becandain gue yang bikin mau pura-pura mati ajah.

“Novi, makan. Ayo makan abis ini belanja” boss korea mulai berisik. Dua suap berhasil ketelen tapi abis itu gue langsung balik ke meja, mulai mengais harapan di tumpukan kertas yang lain. Mana tuh makanan Koea enak dan komplitnya bukan main. Pake ada kimchi segala. Mana Citra lagi ke pasar bentar ambil pesenan celemek. Eh Citraaa!!!

Langsung telepon dia nanya dimana si catatan bedebah itu. “Ada nov di map gue di meja”. Astafirlohh.. Sembah sujud sukurrr. Catatan yang hilang itu catatannya Citra, secara gue udah nyatet tapi berantakannya alamakzang jadi setelah gue lengkapin catatan Citra, gue buang catatan gue. Mammamia!!!

“Ayo Novi belanja. Citra mana?” Celaka dua belas, citra lagi di pasar, mau marah-marahin abang-abang pasar bikin pesenan celemek nggak kelar-kelar. Buru-buru gue pergi berbelanja. Yaudah cabut ajah deh, eh pas mau berangkat, tiba-tiba suara temen gue yang cempreng langsung kedengeran. “NOPI!!!”, tuh temen ca’ul gue datang dari pasar. Kelar ambil map yang berisi catatan belanjaan bedebah itu langsung kita naik mobil ke Carrefour.

Kejutan hari itu tidak hanya itu saja. Ternyata gue sama Citra harus berbelanja bersama 3 orang Korea yang notabenenya tidak lancar berbahasa Indonesia dan kacrut berbahasa Inggris. JENG-JENG!!!

“Okeh mister, kamu beli oven, saya beli sayur yah. Okeh?” Tanya saya yang nggak mau belagu pake bahasa inggris belapetan. Pertanyaan sayapun diiringi anggukan mereka yang kemudian 20 menit kemudian mereka datang dengan troli kosong. Nggak dapet, katanya. Tapi kita sanksi mereka nggak nemu tempat ovennya dimana.

Ada satu yang paling lucu dari ketiga pria korea ini, namanya Mr. Kris. Doski paling ribet bawa-bawa troly, kesusahan nyari barang, akhirnya doski cuma jagain barang ajah (dan tentunya yang bayarin belanjaan secara dia pundi-pundi emas kita saat itu :D).

Saat gue lagi sibuk belanja, doski malah nyanyi “bangun lagi, tidur lagi, bangu lagi, tidur lagii, bangunnnn… tidurr lagiii…” (nadanya nggak jelas sama bahasa Indonesianya yang amburadul seratus persen bisa bangunin Mbah Surip dari liang kubur). “Ayo cepat saja novi!! Cepat saja!!” daritadi ngomongnya itu trus. Errr minta dibakar. Apalagi pas gue sibuk pilih cabe, doski ngomong “Novi yang itu lucu (sambil dagunya ngangkat seolah-olah nunjuk cewek celana pendek), tapi bukan selera saya.” Heleh, semprul. Lama-lama dicabein juga nih, lagi ribet juga.

Selidik punya selidik, doski ternyata lulusan jurusan Bahasa Indonesia di Korea (maklum bisnis Home Shopping katanya berpotensi besar di Indonesia). Umurnya kisaran 20an kalo nggak salah dari perkiraan. Dan dulunya pas di Korea doski ngakunya punya pacar trus diputusin pas ke Indonesia hari Jumat kemarin karena mau fokus kerja katanya. Agak culun orangnya, kecil, tingginya setara gue. Pake kemaja putih ma celana bahan itam rapi dann… yang paling ngehits pake dasi PINK!!!

Tingkah doski mirip-mirip anak kecil, pas temen gue salah nyebut parkiran, doski marah dan sibuk bilang “Don’t touch me!!! I’m angry”. Beuhh, nih orang kecil minta digoreng. Sibuk bayarin 5 troly belanjaan, gue kesian jga ngeliatnya karena dia baru seminggu di Indonesia dan masuk di kantor gue, gue nawarinlah botol minuman yang habis gue ambil dari freezer. Mendadak geplakan tangan teman gue hampir kena kepala gue. Temen gue bilang “Nyong, itu bekas lo tauk. Dia itu bos!!!” Astafirloh, khilaf nopi yah Tuhan :D

Setelah bayar semua barang belanjaan yang dibarengin dengan pertanyaan sang kasir “lagi buka restoran yah mbak?” trus kita langsung buru-buru ke kantor buat nyiapin semuanya.

Sempet ngacir ke pasar naik motor trus nyampe ke kantor buat bantu siapin resep-resep. Siapin masakan? Yah paling potong memotong bisalah, sampe akhirnya gue kebagian nyuci ikan. Dengan pedenya gue bawa tuh 3 ikan gurame gede-gede, balik-balik dengan polosnya gue balikin tuh ikan yang cuma gue keluarin dari plastik ma gue rendem air dikit.

Gue baru tau kalo nyuci ikan itu berarti dibersihin sisiknya ma insangnya. Lah nyuci baju cuma direndem doang pake sabun :O. akhirnya gue pun belajar nyuci ikan. Dalem hati, kalo setaun gue kerja di sini nggak bisa masak juga, kelewatan begonya gue. Setelah kemarin dapat tanda 2 irisan luka di jari, gue dapet 1 irisan cinta lagi dari bersihin gurame. Yassalam.

Okeh mungkin gue harus mendekati salah satu orang Korea di kantor gue. kali-kali gue bisa diajarin masakan orang Korea, yang mungkin nggak lebih ribet dari masakan Indonesia. Annyeonghaseyo mister, please teach me how to cook kimchi!!!




09/06/11
Novie